5 Tahapan dan Cara Mendidik Anak yang Baik Sesuai Usia

Setelah anak dilahirkan, satu hal penting yang menjadi tugas orang tua adalah bagaimana merawat anak yang baik sesuai usia. Mempersiapkan tumbuh kembang anak agar optimal adalah tugas yang harus dilakukan orang tua sehingga anak bisa mandiri.

Sebab itu, jangan sampai salah dalam mendidik anak sehingga harus diperhatikan bagaimana cara mendidiknya sesuai usia. Berikut kami beri ulasan singkat tentang cara mendidik anak sesuai yang tepat sehingga mandiri.

Cara mendidik anak usia 2 dan 3 tahun

Di usia ini, anak akan mulai mempelajari ketrampilan hidup yang paling dasar. Ini adalah momen terpenting yang harus dimaksimalkan sehingga menjadi ingatan berharga saat anak dewasa nanti.

Pada tahap usia ini, ajarkan anak untuk membantu merapikan tempat mainannya, merapikan tempat makanan setelah selesai, hingga mengenakan pakaian sendiri. Jangan lupa ajarkan pentingnya sikat gigi dan mencuci wajah sebelum tidur.

Baca Juga: 40 Ucapan Ulang Tahun untuk Kakak Laki-laki

Cara mendidik anak usia 4 dan 5 tahun

Anak sudah mulai mengetahui berbagai hal di usia ini, untuk itu ajarkan hal lainnya diantaranya menghafal alamat rumah dan nomor telepon jika terjadi sesuatu, membaca kitab suci dan berlatih matematika dasar.

Selain itu bisa diajarkan membersihkan tempat-tempat yang mudah dijangkau seperti tempat makan dan tempat mainan dari debu-debu halus. Lanjutkan dengan membangun kebiasaan membereskan tempat makanan setelah selesai makan dan memberi makan hewan peliharaan.

Cara mendidik anak usia 6 dan 7 tahun

Di usia ini, ajaklah anak untuk membantu membuat sarapan, mencuci piring setelah makan, merapikan tempat tidur sendiri. Perlahan-lahan ajarkan anak kalau ia sudah bisa melakukan berbagai hal sendiri tanpa bantuan orang lain.

Cara mendidik anak usia 8 dan 9 tahun

Pada tahapan usia ini, anak seharusnya sudah bisa merawat barang-barangnya sendiri dan merasa bangga akan hal tersebut. Itu juga sudah termasuk pencapaian. Karena dengan begitu anak sudah mengerti bagaimana menjaga apa yang penting baginya dan memperoleh hasil dari usahanya sendiri.

Baca Juga: 30+ Ucapan Ulang Tahun untuk Kakak Ipar

Cara mendidik anak usia 10 hingga 13 tahun

Di usia ini, anak sudah selayaknya dapat mulai melakukan banyak hal secara mandiri. Dia sudah tahu bagaimana cara memperlakukan tamu, pergi ke tempat-tempat dekat sendiri misalnya toko atau rumah teman.

Anak usia 10 sampai 13 tahun juga sudah diharuskan mengerti apa yang hak dan kewajiban, serta yang diperbolehkan dan yang dilarang (dalam hal ini yang berkaitan dengan ajaran agama).

Cara mendidik anak dari usia balita hingga 13 tahun bisa sangat mempengaruhi tumbuh kembangnya di masa depan. Untuk itu, perhatikan dengan betul bagaimana cara merawat anak dengan baik. Latihlah agar anak mandiri, percaya diri, pemberani dan bertanggung jawab. Jangan lupa, tetap lakukan pengawasan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada anak.

Leave a Comment